Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 23 April 2015

Rangkaian Time Delay Relay (TDR)

Praktikum Rekayasa Kendali I
Praktikum II
Time Delay Relay (TDR)
==========================================
                                   Tgl : 6 April 2015                                   Dosen : Eko Budi Utomo
                                                                                                   Asisten : Akbar
==========================================
Tujuan : Memahami cara kerja timer pada sebuah sistem kontrol

Teori Singkat :
 Alat :
 1. Modul Praktikum Rekayasa Kendali I
 2. Kabel Penghubung

Rangkaian Percobaan :


Rangkaian 1 :
Rangkaian ini adalah rangkaian dasar dari timer yaitu jika PB1 ditekan maka T1 aktif dan delay selama 2 detik(waktu ini telah disetting manual) kemudian menghidupkan relay T1-1 dan menyalakan Lampu 1.
Rangkaian 2 :
Dalam rangkaian ini menggunakan dua timer, jadi seperti sistem cascade, cara kerjanya yaitu PB1 ditekan T1 hidup, delay selama 2 detik kemudian T1-1 aktif dan menyalakan T2, delay selama 1 detik dan T2-1 aktif kemudian menyalakan  L1, umumnya rangkaian ini digunakan untuk menambah delay waktu timer apabila menggunakan 1 timer tidak cukup.

Rangkaian 3 :
Pada rangkaian ini akan mengaplikasikan rangkaian timer sebagai start stop, jadi saat PB1 ditekan R1 hidup, R1-1 holding agar R1 tetap hidup, kemudian R1-2 menghidupkan T1 selama 2 detik selanjutnya T1-1 menyalakan L1 selama 2 detik dan apabila PB2 ditekan maka akan mematikan R1 yang otomatis akan mematikan L1. Untuk PB 5 berfungsi hampir sama dengan PB1, yang membedakan hanya waktu T2 selama 3 detik dan fungsinya untuk mematikan L1. Sehingga rangkaian ini disebut start stop button.

Rangkaian 4 :
Rangkaian ini tanpa menggunakan push button dan langsung menyalakan L1 secara bergantian. Saat rangkaian aktif T1 hidup dan T1-1 menyalakan lampu selama 1 detik dan menghidupkan T2 selama 0.5 detik T2-1 akan memutus hubungan power ke T1 sehingga T1 mati dan lampu padam selama waktu T2 setelah itu hidup lagi sesuai waktu T1 dan begitu seterusnya.





Kesimpulan :
         Time delay relay berfungsi untuk menunda waktu sesuai pengaturan pada timer. Timer mendapatkan clock dari sistem sehingga pengguna tinggal mengatur berapa waktu yg ditunda maka clock akan memberikan pulsa sejumlah waktu yang ditunda. Biasanya TDR banyak digunakan pada industri industri yang memerlukan penundaan gerak suatu motor atau konveyor.

Hasil Percobaan :
1: https://www.youtube.com/watch?v=5ZqqArbQ_c0
2: https://www.youtube.com/watch?v=G6xKWr6aFrI
3: https://www.youtube.com/watch?v=Sb_ODHYkvKI
4: https://www.youtube.com/watch?v=vRRCrs5LGK0

Galuh P. Wibowo
2 D4 Mekatronika B
3110131042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar